Thursday, April 19, 2012

SIMBOL MASON DI KOMPLEKS BI

Kompleks Perkantoran Bank Indonesia (koperbi). Suatu wilayah yang tidak terbuka untuk umum sehingga pastinya banyak yang belum tahu (bahkan yang setiap hari berkantor di situ pun belum tentu sadar).

Simbolisme yang ada di BI pertama dan yang paling kasat mata terlihat dari luar koperbi adalah menara kembar. Menara yang di sebelah utara adalah Menara Syafruddin Prawiranegara. Di menara tersebut berkantor satuan kerja yang membidang moneter. Menara di sebelah selatan adalah Menara Radius Prawiro. Di menara tersebut berkantor satker yang membidangi perbankan.
Dalam dunia simbolisme 11 adalah salah satu angka okultisme. Menara kembar WTC berbentuk angka 11. Begitu pula dengan menara kembar BI.
Menara kembar sering juga digambarkan sebagai pilar kembar yang juga menjadi lambang dari Mason. Pilar kembar tersebut sering diasosiasikan dengan pilar kembar Haikal Sulaiman.

Selain diasosiasikan dengan haikal sulaiman, pilar kembar sering juga diasosiasikan dengan pillar kembar yg mengapit altar persembahan orang-orang Masonic.

Dari gambar di atas terlihat bahwa altar persembahan Mason berlantai kotak-kotak hitam putih.
Ternyata ketika diamati plaza air mancur yang berada di antara kedua Menara BI tersebut juga memiliki sedikit motif kotak-kotak. Kenapa disebut sedikit karena yang bermotif kotak-kotak hanya di pinggir plaza, dan itupun disamarkan dengan motif bintang bersudut 12 yang mengelilingi air mancur.

Ngomong-ngomong tentang air mancur, air mancur ternyata juga menjadi salah satu simbol kepercayaan pagan Mesir Kuno (dimana Mason banyak mengambil kepercayaannya dari Mesir Kuno).
Dalam legenda penciptaan dunia, orang Mesir Kuno percaya bahwa yang ada pertama kali adalah air yang bergolak yang diberi nama Nu. Air mancur tersebut menjadi simbol dari Nu.
Jika kita bandingkan lagi Menara koperbi dengan WTC, di plaza luar WTC juga terdapat air mancur. Air mancur tersebut dikelilingi oleh 9 pohon.
Di plaza air mancur BI, air mancur yang ada dikelilingi oleh 12 pilar yang menjadi ujung dari 12 sudut bintang.
Kebiasaan membuat bintang dan pilar ini juga kebiasaan Masonic. Apalagi pilar yang di atasnya ada bola seperti di foto di atas.

Capture video dari Natgeo Freemasons on Trial
Capture video di atas menggambarkan sisi dalam markas para freemason scottish rite. Perhatikan motif bintang bersudut 12 yang memiliki kesamaan dengan plaza air mancur BI.

Angka 12 ini memang termasuk angka yang disukai para Mason. Angka 12 melambangkan kesempurnaan (sedangkan angka 13 melambangkan sesuatu yang paling sempurna).

Angka 12 itu juga ditemukan di monumen Illuminati (mason) di Paris, yaitu Arc de Triomphe.
Arc de Triomphe menjadi pusat dari 12 jalan di sekelilingnya.
Bunga mawar yang sering digambarkan para Mason di keystone juga berkelopak 12.


Di Plaza Upacara.
Pertama, gerbang masuk plaza upacara dari arah pintu masuk Kebon Sirih.


Sebenarnya dari arah Budi Kemuliaan juga terdapat gerbang semacam ini, namun lebih tersamar karena digabungkan dengan struktur gedung C dan D.
Gerbang dengan bentuk semacam ini mirip dengan Arc de Triomphe yang merupakan salah satu karya Freemason di Paris.

Surrounding sekitar gerbang plaza upacara tersebut juga mirip dengan gambaran Masonic di bawah ini:

digambarkan di sini sebuah gerbang dengan dua pilar di jarak dekat dan pilar yang lebih tinggi di jarak yang lebih jauh. Dari gerbang menuju tiang tinggi terdapat pathway berpola checkered.
Surrounding gerbang plaza upacara pun bentuknya hampir mirip. Bedanya dua pilar kembar diwujudkan dalam tiang air mancur (dalam foto cuma terlihat satu - maaf). Tiang yang lebih jauh diwujudkan dalam bentuk tiang bendera. Dari gerbang menuju tiang bendera juga ada pathway bermotif kotak-kotak (tapi kalau di BI kotak-kotaknya bukan hitam putih).

Tiang bendera di plaza upacara memiliki bentuk bulatan di atas.

Bentuk ini mirip dengan pola pilar Mason seperti di bawah ini:


Bahkan sebenarnya di BI bukan hanya tiang bendera yang mirip pilar Mason. Pilar lampu yang tersebar dari gerbang belakang sampai Plaza air mancur juga semua berbentuk seperti pilar Mason.

Di tengah plaza upacara terdapat tiang (pilar) bendera yang dikelilingi lingkaran dan 8 pathways yang membentuk pola bintang berujung 8 atau bintang mata angin.
Diambil dari Gedung D
Ini dari Google Earth
Dalam okultisme motif jalan 8 arah ini sering dikaitkan dengan chaos, atau kalau pakai istilah agama: jalan selain jalan yang lurus (jalan selain sirotol mustaqim = jalan sesat). Motif yang dibentuk dari pathways ini sering disebut sebagai chaos star.
Bentuk yang mirip dengan plaza upacara BI juga ditemukan di Lapangan Santo Petrus (Saint Peter Square) di depan Basilika Santo Petrus, Vatikan. Di tengah-tengah kedua lapangan (plaza upacara BI maupun di lapangan saint peter) sama-sama terdapat pilar. Di vatikan pilarnya berupa obelisk sedangkan di BI berupa tiang upacara.

Bentuk plaza upacara jika dilihat dari atas juga mirip bentuk taman Suropati. Taman Suropati bersama kompleks gedung Bappenas dan Masjid Sunda Kelapa adalah pusat dari Menteng, keystone-nya Jakarta kalau menurut para Freemason.
Kompleks Taman Suropati (atas), Gedung Bappenas dan Masjid Sunda Kelapa (bawah)

Bentuk plaza upacara juga mirip salah satu garden di Istana Windsor Inggris (Inggris, terutama segala sesuatu yang terkait kerajaannya, sering dikaitkan juga dengan Mason, Ksatria Templar dan semacamnya)

Istana Windsor
Bedanya adalah kalau di Istana Windsor pola yang dibentuk berupa Celtic Cross (salib dengan lingkaran di pusatnya). Maka di plaza upacara BI pola yang terbentuk adalah chaos star.

ayahzaid.blogspot.com
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Indahnya Berbagi.. Powered by Blogger