Sunday, April 8, 2012

Duh Takut

Takut akan sesuatu tentang hidup....

Hal yang paling mengganggu dan memberi dampak negatif dalam kehidupan kita sebenarnya berasal dari pandangan buruk terhadap diri anda sendiri. Kadang kita terlalu keras menghukum dan merendahkan diri kita sendiri atas kejadian-kejadian buruk yang menimpa diri kita atau pun orang lain.

Berkumpul bareng anak-anak jalanan serunya mereka gak mandang setatus.... mereka solider asalkan kita sudah bisa mengambil hatinya...! lho ko' hatinya.....??? di oprasi gituuuuuh...???

hehehe... gak lah! Mereka anak jalanan bersama komunitasnya (preman) memiliki solidaritas tinggi terhadap teman sahabat kerabat sepergaulannya bahkan orang yang Baik dan tidak mengusik Mereka.

Saya si penjual Roti bakar isi atau lebih di kenal hamBurger, Ketika saya membagi teman saya seorang kuli panggul yang termasuk dan tergolong pereman di tempat saya berjualan dia teramat senang! padahal Roti itu sudah gosong! tapi timbal baliknya itu lhooo.. dia dan teman-teman komunitasnya selalu membantu saya diamana saya mendapatkan masalah... mereka selalu ada menemani....
sungguh mulia hati mereka! Memang kelakuan Mereka tak menggambarkan pribadi hati nurani mereka....!
sebenarnya mereka orang baik? namun mereka tak memiliki teman baik...!!! dan mereka bingung harus berteman dengan siapa karena mungkin faktor pergaulan lingkungan saja yang menuntut mereka berbuat dan menjadi pereman.sekalipun perbuatannya merugukan diri sendiri, keluarga dan lingkungannya. Ia menjadi manusia yang tidak memiliki sense of responsibility, cuek dan acuh tak acuh.       

Jangan Musuhi Mereka . . . !!!

Karena Mereka Dan Komunitasnya sangatlah sensitive! Sebenarnya hati nurani mereka saya yakin Mereka tergolong Orang Baik-Baik.

Mungkin Dengan silaturrahmi diharapkan dapat ditemukan solusi terbaik guna merampungkan berbagai persoalan yang ada dan Meluluhkan hati mereka.

Dari silaturrahmi paling tidak dapat dilakukan hal-hal sebagai berikut : 
Pertama, menyambung kembali benang persaudaraan yang putus dan sekaligus menyadari akan akibat yang ditimbulkan. 
Kedua, membangun kembali jiwa kebersamaan dan tolong menolong diantara sesama. 
Ketiga, menciptakan rasa saling mengasihi. 
Keempat, Membangun rasa saling percaya dan menghilangkan rasa saling curiga dan buruk sangka (su’u dzan). 
Kelima,mudah mencari tabayyun bila terjadi isu yang potensial mengakibatkan pertengkaran. 
Keenam, mudah pula terjadi saling mengingatkan dan menasehati (taushiyah) 
Ketujuah, mebambah dan memperbanyak saudara. 
Kedelapan, meningkatkan kerjasama dalam segala hal yang baik. 
Kesembilan,”memperpanjang umum”. 
Kesepuluh, “memperbanyak rizki”.

Demikianlah tulisan singkat ini, mudah-mudahan dapat memberikan dorongan untuk menciptakan persaudaraan dengan mengintensifkan silaturrahmi dan memberikan konstribusi untuk membangun kesadaran akan bahaya yang ditimbulkan bila meninggalkan silaturrahmi. Pertengkaran dan perpecahan akan menyebabkan kita semakin rapun dan menanggung kerugian dunia-akherat.

Wallahu A'alamu Bishawab


Salam Santun Silaturahmi @ Senyumku Dakwahku
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Indahnya Berbagi.. Powered by Blogger